Senin, 10 Desember 2012

Harga Ijazah S3 (Hasil Pengeditan)


Jika dinilai dari sisi uang, harga ijazah S3 bagiku : Rp. 716.400.000 , pertimbangannya :

1. Dengan S3, maka uang insentif Sertifikasi Dosen yang perbulannya Rp. 2.700.000 selama kira-kira 
    4 tahun tidak akan didapatkan, sehingga saya kehilangan : Rp. 2.700.000 x 12 bulan x 4 =
    Rp. 130.00.000 (dibulatkan).
2. Dengan S3, mengajar di salah satu perguruan tinggi swasta saya off kan dulu,   
    biasanya perbulan saya mendapat honor : Rp. 3.300.000, sehingga selama 4 tahun off saya
    kehilangan honor : Rp. 159.000.000 (dibulatkan) dan otomatis honor koreksi dan THR di
    perguruan tinggi swasta tersebut tidak akan saya dapatkan, yang jika dikalkulasikan Rp.
    50.400.000.  
3. Dengan saya sekolah S3, ada budget khusus yang saya harus alokasikan untuk buku-buku
    dan penelitian termasuk seminar yang kira-kira jumlahnya Rp. 250.000.000.
4. Dengan S3, saya ditugaskan belajar oleh perguruan tinggi tempat saya mengajar  sehingga
     pengajaran off, dengan saya mengajar disana ada tambahan insentif per bulannya Rp. 1.600.000,
    sehingga selama kira-kira 4 tahun saya kehilangan honor tambahan :  
    Rp. 1.600.000 x 12 x 4 = Rp. 77.000.000 
    (dibulatkan) 
5. Selama saya kuliah S3, saya harus mengalokasikan budget khusus sebesar  Rp. 50.000.000
     untuk membeli peralatan yang mendukung tugas belajar, seperti lap top dengan spesifikasi yang
    dibutuhkan untuk penelitian saya,  iPad, external hardisk, dan tool-tool yang lainnya, termasuk
    kendaraan motor yang lebih mempermudah mobilisasi saya.  

Mungkin harga ini terlalu rendah buat orang lain, tapi bagi saya bukan dilihat dari harganya, tetapi memaknai arti sebuah kesempatan, bagi saya sekolah S3 itu rezeki yang besar dari Alloh SWT, sehingga dalam menjalankannya saya akan berusaha dengan sungguh-sungguh untuk menjalankannya dan berusaha mencapai kriteria baik waktu maupun profile yang telah ditetapkan untuk seorang lulusan S3.  Artinya ijazah S3 yang insyaAllah nanti akan saya dapatkan, betul-betul mewakili kualitas saya sebagai seorang lulusan S3, dan artinya pula bahwa nilai uang tadi sangatlah kecil dibandingkan dengan keuntungan yang akan diperoleh jika lulus S3 yang sifatnya bukan materi, yaitu prinsip-prinsip hidup, kedisiplinan, tanggung jawab, kemandirian, jiwa bertahan dan berjuang dan lain-lain.   



Tidak ada komentar:

Posting Komentar